Tutorial dan Cara Mudah Membuat Website Dengan WordPress Secara Offline Lengkap Untuk Pemula

1
417
views
Cara Membuat Website dengan WordPress Untuk Pemula

Lopokopi.com – Website di era digital seperti sekarang ini sudah menjadi salah satu syarat utama bagi perusahaan, profesional dan pelaku bisnis lainnya untuk memperkenalkan produk dan jasa melalui internet. Perlu kamu ketahui sebelumnya, banyak cara yang bisa digunakan untuk membuah sebuah website yang interaktif, salah satu yang paling powerfull dan populer hingga saat ini adalah WordPress.

WordPress muncul pertama kali dikenalkan ke publik pada tahun 2003 oleh Matt Mullenweg dengan Mike Little. Sejak saat itu hingga sekarang WordPress menjelma menjadi CMS atau Content Management System yang paling banyak digunakan. Selain untuk membuat website dan blog, sekarang dengan fitur terbaru dari WordPress kamu juga sudah bisa membuat Online Store sendiri, menarik bukan.

Namun, untuk membuat sebuah website yang menarik dan interaktif diperlukan skill yang boleh dibilang tidak mudah, selain harus faham dengan bahasa pemrograman seperti PHP, HTML, CSS dan bahasa pemrograman lainnya, kamu juga harus mempunyai selera desain yang bagus, agar website yang kamu buat mempunyai nilai yang bagus dan tentu disukai oleh pengunjung.

Berikut cara membuat website dengan wordpress secara offline dengan bantuan server XAMPP. Simak dengan baik dan teliti langkah demi langkah, agar kamu tidak mengalami kesulitan.

1. Instal Web Server di Komputer

Sebuah website pasti membutuhkan server agar bisa berjalan dengan baik, selain sebagai engine, server ini juga berfungsi untuk menyimpan data dan file dari website yang kamu buat. Banyak aplikasi yang bisa kamu gunakan sebagai server pendukung, salah satu web server yang paling banyak digunakan oleh pengembang website adalah XAMPP.

Silahkan download web server XAMPP disini dan sesuaikan dengan sistem operasi komputer atau laptop yang kamu gunakan. Setelah selesai proses instalasi, pastikan modul Apache dan MySql sudah kamu “start” pada XAMPP yang kamu gunakan seperti tampilan berikut.

Instal Web Server di Komputer
Sumber : Dok. Pribadi

2. Buat Database Website

Langkah selanjutnya adalah membuat database untuk website yang akan kamu buat, caranya dengan mengetikkan http://localhost/phpmyadmin pada tab browser kamu, kemudian buat database baru dengan nama yang mudah kamu ingat, lalu klik create,  untuk lebih jelas, perhatikan gambar berikut.

Buat Database Website
Sumber : Dok. Pribadi

3. Tambahkan User Pada Database

Tujuannya adalah agar website yang kamu buat lebih aman dari sisi security, disarankan agar mencatat username dan password yang kamu gunakan pada database yang sudah kamu buat, agar lebih mudah di konfigurasi saat website ingin kamu onlinekan. Cara menambahkannya dengen klik menu Privileges pada panel sebelah kanan, kemudian klik Add user. Perhatikan gambar berikut agar lebih jelas.

Tambahkan User Pada Database
Sumber: Dok. Pribadi

Selanjutnya, isi username dan password, sementara untuk host isi dengan localhost, lalu centang kalimat grant all privileges on database seperti gambar berikut.

grant all privileges on database
Source : Dok.Pribadi

4. Download File WordPress Terbaru

Download file terbaru WordPress di melalui website resminya disini. Lalu ekstrak dan copy file beserta folder WordPress tersebut ke direktori web server yang sudah kamu instal sebelumnya di C:>xampp>htdocs. Lalu pastekan file tepat pada folder htdocs. Sebagai tambahan, agar kamu mudah ingat, disarankan agar mengubah nama folder wordpress tersebut sebelum di pastekan ke direktori web server. Untuk lebih jelas perhatikan gambar berikut.

Downlod File WordPress Terbaru
Sumber : Dok. Pribadi

5. Hubungkan Website Dengan Database

Agar website kamu berjalan dengan baik, kamu harus terlebih dahulu menghubungkan keduanya dengan cara ketikkan http://localhost/nama_folder_web_kamu, selanjutnya kamu akan di arahkan ke halaman seperti tampilan berikut, lalu klik Lets Go untuk konfigurasi selanjutnya.

Lets Go WordPress
Sumber : Dok. Pribadi

Ketikkan nama database, user name, dan password yang sudah kamu buat pada langkah sebelumnya, lalu ketikkan localhost pada kolom Database Host,kemudian klik Submit untuk langkah selanjutnya. Untuk lebih jelas perhatikan gambar berikut.

Instal WordPress
Source : Dok. Pribadi

Lalu klik Run Instal, seperti gambar berikut.

Run Instal
Sumber : Dok. Pribadi

Selanjutnya, ketikkan nama website, email dan credential yang akan kamu gunakan untuk mengelola website kamu nantinya seperti username dan password, lalu klik Instal WordPress , untuk checkbox Seacrh Engine Visibility abaikan saja, untuk lebih jelas perhatikan gambar berikut.

Instal WordPress
Sumber : Dok. Pribadi

Tunggu proses instalasi hingga selesai, dan selamat kamu berhasil membuat website pertama kamu dengan WordPress. Untuk melihat webiste yang sudah kamu buat silahkan ketikkan http://localhost/nama_folder_web_kamu.

6. Ubah Tampilan dan Instal Plugin Pendukung

Pada dasarnya semua tampilan WordPress secara default adalah sama, agar website yang kamu lebih menarik, kamu perlu mengubah tampilan website kamu dengan theme yang baru, di direktori WordPress sendiri tersedia beragam theme yang bisa kamu gunakan.

Untuk mengubah tema dan plugin, kamu perlu terlebih login dahulu ke akun WordPress kamu dengan cara ketikkan http://localhost/nama_folder_web_kamu/wp-admin pada tab browser , kemudian ketikkan username dan password yang sudah kamu buat sebelumnya seperti gambar berikut.

Login WordPress
Sumber : Dok. Pribadi

Setelah berhasil login klik tab Appearance>thmes untuk mengubah tampilan website kamu dengan theme yang ada di direktori wordpress, kamu bisa pilih theme berdasarkan topik yang sesuai dengan website kamu.

Install Theme
Sumber : Dok. Pribadi

Selanjutnya instal plugin sesuai dengan kebutuhan website kamu, disarankan agar menginstal plugin yang benar-benar kamu butuhkan agar loading website kamu tidak lambat, caranya klik tab Appearance>Plugin lalu pilih Add New untuk menambah plugin pendukung website kamu, untuk lebih jelas perhatikan gambar berikut.

Tambah Plugin WordPress
Sumber : Dok. Pribadi

Jika setiap langkah kamu ikuti dengan baik, harusnya kamu tidak akan mengalami kesulitan dalam mengimplementasikannya. Kamu juga bisa mengonlinekan website dengan dengan membeli hosting dan domain yang akan digunakan. Saat ini sudah banyak penyedia layanan hosting murah dan berkualitas.

Untuk hal ini kamu bisa menggunakan layanan hosting indonesia dari Niagahoster. Perlu kamu ketahui wordpress hosting dari Niagahoster sudah menyediakan fitur-fitur canggih dengan teknologi terkini seperti Apache + LiteSpeed API, CloudLinux, CageFS Security dan Multiple PHP Version.

Selain itu kamu juga bisa mencoba cara lain yang menurut mimin juga tidak terlalu sulit untuk di ikuti, menariknya dalam ulasan ini kamu akan di paparkan tutorial tentang bagaimana cara membuat blog di wordpress langsung online hanya dalam 7 langkah, silahkan dicoba dan semoga bisa menjadi alternatif menarik buat kamu.

Selain dua alternatif diatas, kami juga mau rekomendasikan tips lain yang memungkinkan kamu untuk membuat website pertama kamu dengan mengikuti tutorial dari partner kami berikut ini -> Cara Membuat Website

Jika artikel ini dan dua referensi diatas belum cukup, kamu juga boleh simak ulasan lain dari partner kami masih dengan topik yang sama, bagaimana cara membuat webiste untuk pemula, Simak ulasan lengkapnya di link berikut-> Cara Membuat Website

Nah, itulah sedikit informasi yang bisa kami bagikan tentang cara membuat website dengan wordpress untuk pemula secara offline dengan bantuan server XAMPP. Semoga informasi ini membantu kamu untuk membuat website pertama kamu, selamat mencoba ya.

Dapatkan informasi terbaru dan tips menarik lainnya dengan mengikuti Lopokopi.com di Facebook dan Twitter.

Komentar