5 Tips dan Trik untuk Mengamankan Ponsel Android

0
21
views
Tips dan Trik untuk Mengamankan Ponsel Android
Source : komando[dot]com

Saat ini, smartphone telah menjadi perangkat yang tidak bisa lepas dari kehidupan sehari-hari umat manusia. Bahkan, berbagai macam data sensitif seperti catatan kerja, nomor telepon anggota keluarga, foto-foto pribadi, hingga nomor rekening pun tersimpan di dalamnya.

Jadi, tidak kebayang bukan kalau ponselmu diakses oleh pihak-pihak yang memiliki niat jahat? Karenanya, penting untuk melakukan pencegahan dengan cara meningkatkan sekuritas ponsel. Nah, apabila kamu menggunakan ponsel pintar berbasis Android, berikut adalah 5 tips dan trik yang bisa kamu coba untuk mengamankan ponsel Androidmu

1. Gunakan Lock Screen

Banyak pengguna Android yang menonaktifkan fitur Lock Screen karena tidak mau repot-repot memasukkan password atau pattern untuk membuka ponsel. Padahal, meskipun terlihat sepele, fitur ini merupakan perlindungan dasar dari sebuah ponsel yang bisa menyelamatkan ponselmu dari tangan-tangan jahil.

Apabila kamu belum mengaktifkan fitur Lock Screen, kamu bisa mengaktifkannya dengan mengakses menu Settings > Lock Screen and Security. Lalu, pilih metode pengunci yang kamu inginkan, yakni menggunakan PIN atau pattern. Namun, agar lebih aman, sebagaiknya kamu tidak menggunakan metode pengunci dengan pattern karena pola yang kamu masukkan biasanya masih berbekas di layar ponsel.

2. Aktifkan Fitur Smart Lock

Nah, apabila kamu menggunakan Android versi 5 ke atas, kamu tidak perlu lagi menggunakan Lock Screen yang mengganggu karena di dalamnya sudah tersedia fitur Smart Lock. Dalam fitur tersebut, terdapat lima pilihan pengamanan yang bisa kamu pilih, yaitu opsi Trusted Devices (membuka kunci layar ponsel saat mendeteksi perangkat Bluetooth tepercaya di dekatnya), Trusted Places (membuka kunci layar ponsel saat berada di lokasi yang sudah ditetapkan), Trusted Face (membuka kunci layar ponsel saat mendeteksi pengguna yang wajahnya sudah tersimpan), Trusted Voice (membuka kunci layar ponsel dengan suara), serta On Body Detection (membuka kunci layar ponsel saat berada di dekat tubuh penggunanya).

3. Aktifkan Fitur Android Device Manager

Tips berikutnya, aktifkan fitur Android Device Manager. Fitur ini berfungsi untuk melacak posisi perangkat yang hilang menggunakan Google Maps serta menghapus data-data yang tersimpan di dalamnya agar tidak disalahgunakan oleh orang lain.

Untuk mengaktifkannya, buka Google Settings > Security. Lalu, centang opsi “Remotely Locate this Device” dan “Allow Remote Lock and Erase”. Sebelumnya, pastikan juga untuk menyalakan location services perangkat dengan cara mengakses Settings > Location.

Baca Juga : Cara Mengatasi Kartu Memori yang Tidak Terbaca di Android

4. Update Ponsel Secara Berkala

Menjaga software tetap up to date juga penting untuk mengamankan ponsel dari serangan hacker. Biasanya, sistem akan secara otomatis memintamu untuk mengunduh patch terbaru apabila terdapat pembaruan firmware dari developer. Namun jika ingin memastikan apakah ponselmu sudah menggunakan software terbaru, kamu bisa mengeceknya melalui menu Settings > About Phone > System Update.

5. Aktifkan Fitur Enkripsi untuk Keamanan Tambahan

Terakhir, gunakan fitur enkripsi untuk memberikan keamanan tambahan. Enkripsi merupakan suatu proses untuk mengamankan suatu informasi atau data dengan cara menambahkan pengkodean khusus.

Jadi apabila ponselmu dicuri, pencuri tidak akan bisa mengakses data-data kontak, email, alamat rumah, atau informasi-informasi sensitif lain yang tersimpan di dalamnya. Untuk mengaktifkan fitur ini, kamu bisa mengakses Settings > Security > Encrypt Device.

Itulah beberapa tips dan trik untuk mengamankan ponsel Android. Semoga bermanfaat!

Dapatkan informasi terbaru dan tips menarik lainnya dengan mengikuti Lopokopi.com di Facebook dan Twitter.

Komentar