Cara Mengosongkan Trash di WordPress secara Otomatis

0
6
views
Cara Mengosongkan Trash di WordPress secara Otomatis
Source : techcrunch[dot]com

Sudah menulis artikel panjang-panjang dan diposting di blog, eh kok tidak sengaja terhapus. Adakah yang pernah mengalami kejadian serupa? Nah, buat para pengguna WordPress, nggak perlu panik berlebihan, sebab kamu masih bisa me-restore postingan yang terhapus di bagian Trash.

Trash sendiri merupakan fitur yang disediakan untuk semua pengguna WordPress, baik yang reguler maupun premium. Seperti namanya, menu ini berguna untuk menampung “sampah” berupa post-post blog yang dihapus, lho. Secara default, kotak Trash akan dikosongkan dalam jangka 30 hari, kecuali kalau kamu mengosongkannya secara manual.

Jadi, selama belum 30 hari, kamu masih tetap bisa me-restore semua post yang tak sengaja terhapus tadi. Namun, mengosongkan trash satu per satu tentu akan sangat memakan waktu. Adakah solusi cerdas yang bisa dicoba?

Cara Otomatis Mengosongkan Trash di WordPress

Nah, dengan mengosongkan kotak trash ini, database blog kamu akan lebih ringan, sehingga lebih mudah juga diakses. Namun, kamu juga bisa membuat sendiri setting-nya agar Trash bisa dikosongkan secara otomatis dalam hitungan minggu, bahkan hari.

  1. Buka file wp-config.php di akun WordPress kamu. File ini letaknya ada di root WordPress
  2. Tambahkan kode:

define(‘EMPTY_TRASH_DAYS’, 1 );  // jumlah hari trash akan dihapus

Baca Juga : Cara Membuat Website Dengan WordPress Untuk Pemula

Nah, jumlah hari ini bisa disesuaikan dengan keinginan. Misalnya kamu ingin trash WordPress-mu terhapus setiap 7 hari, maka kamu hanya perlu menggantinya dengan angka 7, dan sebagainya. Sebaliknya, kamu juga bisa menghapus trash secara permanen (tanpa bisa di-restore) dengan mengisikan angka 0 pada kode tersebut.

Dengan cara ini, sekarang kamu tak perlu lagi repot-repot menghapus kotak trash secara manual, atau menunggu selama 30 hari sampai semua pos di trash hilang. Sedikit tips, agar lebih aman dan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, lebih baik hindari memasukkan angka 0 pada kode tersebut, sebab jika konfigurasi ini di-set demikian, postingan yang sudah dihapus akan hilang selamanya dan tidak bisa dikembalikan lagi, sekalipun kamu adalah pengguna WordPress berbayar.

Cara Me-Restore Postingan di WordPress

Setelah mengetahui cara mengosongkan “sampah” secara otomatis, berikutnya adalah langkah/tips khusus untuk mengembalikan pos atau artikel di WordPress yang tak sengaja terhapus. Caranya cukup mudah,yakni:

  • Buka akun WordPress kamu
  • Klik menu My Sites di bagian kiri atas
  • Pilih Blog Posts
  • Pilih menu Trashed
  • Selanjutnya akan ditampilkan daftar postingan yang sudah dihapus
  • Pada sebelah kanan terdapat tanda berupa titik tiga
  • Klik Restore untuk mengembalikan postingan ke laman blog, atau
  • Delete Permanently untuk menghapus pos secara permanen.

Nah, bagaimana, mudah banget, kan, mengosongkan kotak trash di WordPress secara otomatis? Selamat mencoba!

Dapatkan informasi terbaru dan tips menarik lainnya dengan mengikuti Lopokopi.com di Facebook dan Twitter.

Komentar