Tips untuk Mengatasi Kartu Memori yang Tidak Terbaca di Android

0
24
views
Cara Mengatasi Kartu Memori yang Tidak Terbaca di Android
Source : updato[dot]com

Meskipun umumnya ponsel Android sudah dilengkapi dengan memori internal, namun penggunaan kartu memori terkadang masih diperlukan untuk menyimpan data-data tambahan, terlebih jika spesifikasi ponsel tidak menyediakan ruang penyimpanan berkapasitas besar.

Selain itu, kartu memori juga sangat penting sebagai antisipasi apabila ponsel mengalami masalah sehingga terpaksa harus dilakukan reset ulang. Namun, bagaimana jadinya jika suatu ketika kartu memori tidak dapat terbaca? Untuk mengatasi hal tersebut, berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan.

1. Bersihkan Kartu Memori

Tips pertama yang bisa kamu coba untuk mengatasi kartu memori yang tidak terbaca adalah dengan mengeluarkan kartu memori dari ponsel dan membersihkan lempengan tembaganya menggunakan penghapus pensil atau tisu yang lembut. Jika kamu yakin sudah bersih, masukkan kembali kartu memori ke slot memori dan periksa apakah sudah terbaca atau belum.

2. Lakukan Format dari Android

Jika setelah dibersihkan kartu memori tetap tidak terbaca, cara berikutnya yang bisa kamu coba adalah melakukan format dari Android. Namun, resikonya data-data yang tersimpan di dalam kartu memori akan ikut terhapus. Untuk melakukannya, kamu bisa masuk ke menu Settings > Storage. Lalu, pilih opsi Erase SD Card dan tunggu sampai proses selesai. Apabila penyimpanan sudah kosong, maka kartu memori sudah berhasil diformat.

3. Cek Kerusakan Kartu Memori dari PC

Apabila kamu masih ingin mempertahankan data-data yang tersimpan di kartu memori, cobalah mengecek kerusakan kartu memori dari PC. Biasanya, cara ini berhasil untuk membuat kartu memori yang tidak terbaca berfungsi kembali secara normal.

Caranya, hubungan ponsel Android ke PC menggunakan kabel data. Ketika sudah tersambung, pastikan ponselmu terhubung dalam metode Mass Storage Mode (MSC), bukan Media Transfer Mode (MTP). Kemudian, pada Windows Explorer, klik kanan pada Drive kartu memori dan pilih Properties > Tools > Error Checking. Centang pilihan “Automatically fix file system errors” dan “Scan for and attempt recovery of bad sectors” untuk mengecek kerusakan kartu memori.

Jika proses sudah selesai, masukkan kembali kartu memori ke slot kartu dan lihat apakah sudah terbaca atau belum. Jika cara ini tidak coba berhasil, kamu juga bisa mencoba melakukan scanning kartu memori menggunakan antivirus yang ada di PC.

Baca Juga : Cara Membuka Ponsel Android yang Lupa Kata Sandi

4. Lakukan Format dari PC

Jika kartu memori bisa dibuka di PC namun tetap tidak terbaca di ponsel, terpaksa kamu harus melakukan format kartu memori dari PC. Namun, sebelum melakukan format, backup terlebih dahulu data-data yang ada di dalam kartu memori dalam satu folder.

Jika semua data sudah aman, lakukan proses format dengan cara klik kanan pada Drive kartu memori dan pilih opsi Format. Setelah proses selesai, pindahkan kembali data-data yang sebelumnya kamu backup ke dalam kartu memori dan masukkan kembali kartu memori ke dalam ponsel.

Demikianlah beberapa tips untuk mengatasi kartu memori yang tidak terbaca di Android. Semoga bermanfaat!

Dapatkan informasi terbaru dan tips menarik lainnya dengan mengikuti Lopokopi.com di Facebook dan Twitter.

Komentar