Cara Membuka Ponsel Android yang Lupa Kata Sandi

0
18
views
Cara Membuka Ponsel Android yang Lupa Kata Sandi
Source : digitaltrends[dot]com

Mengaktifkan Lock Screen untuk membuka smartphone memang penting untuk dilakukan. Selain menjaga informasi-informasi pribadi, mengunci ponsel dengan fitur Lock Screen juga dapat menghindarkan ponsel dari tangan-tangan jahil.

Namun, hal ini tentu akan menjadi masalah apabila kamu tiba-tiba lupa dengan password atau pola keamanan yang kamu buat lantaran terlalu rumit. Nah, berikut adalah cara-cara yang bisa kamu coba untuk membuka ponsel Android saat kamu lupa kata sandinya.

1. Menggunakan Android Device Manager

Android Device Manager adalah fitur layanan keamanan dari Android yang memungkinkan pengguna untuk mengontrol ponselnya dari jarak jauh. Saat kamu lupa dengan kata kunci atau pola keamanan yang kamu terapkan, kamu juga bisa menggunakan fitur ini untuk membuka ponsel.

Caranya, gunakan browser di komputer atau Android milik teman untuk masuk ke website Android Device Manager dan login ke akun Google yang sama dengan yang kamu pakai di Android. Jika sudah masuk di halaman Google Find My Device, pilih opsi Lock atau kunci. Selanjutnya, kamu akan diminta untuk memasukkan kata kunci baru untuk menggantikan password atau pola keamanan yang sebelumnya kamu lupakan.

2. Menggunakan Fitur Forgot Pattern

Fitur yang satu ini hanya bisa digunakan untuk Android versi 4.4 ke bawah. Setelah kamu salah memasukkan sandi sebanyak lima kali, sistem biasanya akan memberikan pemberitahuan untuk mencoba kembali dalam 30 detik. Nah, saat pesan pemberitahuan ini muncul, klik opsi Forgot Pattern yang ada di bagian bawah layar. Selanjutnya, kamu akan diminta untuk memasukkan email dan password Google untuk masuk kembali ke Android.

3. Buat Lock Screen Crash

Metode yang satu ini memanfaatkan bug dari Android 5.0 – 5.1.1 Lollipop. Jika ingin mencoba cara ini untuk membuka Lock Screen, caranya tekan opsi Emergency Call dan gunakan antar muka dialer untuk memasukkan karakter bintang atau asterisk hingga mencapai batas maksimal karakter.

Selanjutnya, kembali ke layar Lock Screen dan buka shortcut kamera. Dari sini, tarik notifikasi dan pilih Setting. Saat kamu diminta untuk memasukkan password, kembali ulangi memasukkan karakter bintang sebanyak mungkin hingga Lock Screen mengalami crash dan kamu bisa mengakses seluruh antar muka ponsel.

Baca Juga : 5 Tips dan Trik untuk Mengamankan Ponsel Android

4. Lakukan Factory Reset

Jika seluruh cara di atas tidak berhasil, cara terakhir yang bisa kamu lakukan adalah melakukan factory reset. Namun, perlu kamu ingat, cara ini akan membuat seluruh data yang kamu simpan di memorI internal tehapus. Untuk melakukan factory reset, pertama pastikan ponselmu dalam keadaan mati.

Kemudian, tekan tombol volume down dan power secara bersamaan untuk masuk ke Recovery Mode. Setelah masuk ke Recovery Mode, pilih Wipe Data/Factory Reset untuk menghapus data dan mengubah semua setting sesuai dengan pengaturan pabrik. Jika proses sudah selesai, pilih opsi “Reboot System Now” untuk mereboot sistem.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa kamu coba untuk membuka ponsel Android yang lupa kata sandi. Selamat mencoba!

Dapatkan informasi terbaru dan tips menarik lainnya dengan mengikuti Lopokopi.com di Facebook dan Twitter.

Komentar