Laptop Sering Lemot? Ini 5 Cara untuk Meningkatkan Performa Laptopmu

0
20
views
Cara Meningkatkan Performa Laptop Yang Lemot
Source : imonitorsoft[dot]com

Perangkap laptop yang super lambat tentu menjadi hal yang menyebalkan dan membuat frustasi. Apalagi laptop lambat di saat pekerjaan sedang memumpuk, hal ini sangat mengganggu dan membuat produktivitas jadi menurun. Apabila laptopmu sering lemot, berikut adalah 5 cara yang bisa kamu coba untuk meningkatkan performanya.

1. Hapus File-File Sampah di Recycle Bin

File-file sampah yang ada di Recycle Bin merupakan salah satu faktor yang menyebabkan laptop berjalan lambat. Jadi, akan lebih baik jika kamu menghapus file-file yang sudah tidak diperlukan tersebut dari Recycle Bin. Caranya, klik kanan pada ikon Recycle Bin dan pilih opsi “Empty Recycle Bin”.

2. Minimalkan Program yang Berjalan pada Startup

Performa laptop yang lambat juga bisa disebabkan karena banyaknya program yang berjalan di Startup. Untuk itu, sebaiknya nonaktifkan program-program yang tidak penting dan tidak digunakan agar permorma laptop dapat meningkat secara keseluruhan. Caranya, tekan tombol Ctrl + Shift + Esc pada keyboard untuk membuka Task Manager. Kemudian, pilih tab Startup untuk melihat daftar program yang sedang berjalan. Jika ingin menonaktifkan program, klik kanan pada program dan pilih Disable.

3. Nonaktifkan Efek dan Animasi

Semakin banyak efek visual dan animasi yang digunakan, maka akan semakin cantik pula tampilan dekstopmu. Sayangnya, efek visual dan animasi mengonsumsi banyak sumber daya dan membuat sistem menjadi lemot. Untuk itu, ada baiknya jika kamu membatasi penggunaan efek dan aplikasi dengan cara berikut ini:

  • Masuk ke Control Panel > System and Security > System
  • Klip opsi Advance System Setting
  • Setelah masuk ke tab Advanced, pilih “Settings” pada menu Performance
  • Pada tab Visual Effects, pilih Custom dan uncheck efek visual yang tidak diperlukan

Baca Juga : Cara Membuat Website Dengan WordPress

4. Optimalkan Virtual Memory

Virtual memory adalah suatu komponen yang dapat meningkatkan kinerja perangkat komputer. Nah, untuk mengatur seberapa besar virtual memory yang ingin digunakan, berikut adalah langkah-langkahnya.

  • Buka Control Panel > System and Security > System atau tekan tombol Windows + Pause/ Break
  • PilIh Advanced System Settings
  • Pindah ke tab Advanced, lalu pilih Settings pada menu Performance
  • Pindahkan lagi ke tab Advanced, lalu pilih Change pada menu Virtual Memory
  • Hilangkan centang pada opsi “Automatically manage paging file size for all drives”. Kemudian, pilih Custom Size dan tentukan besar virtual memory yang kamu inginkan
  • Jika sudah, klik Set, kemudian pilih Ok

5. Perbesar Kapasitas RAM dan Harddisk

Proses multitasking yang berat dapat membuat kinerja laptop menjadi lambat. Karenanya, menambah kapasitas RAM menjadi pilihan terbaik untuk membuat performa laptop lebih cepat. Apabila kamu memiliki uang lebih, memperbesar kapasitas Harddisk atau mengubahnya menjadi Harddisk SSD juga bisa menjadi solusi yang tepat untuk meningkatkan performa laptop secara keseluruhan.

Nah, itulah 5 cara yang bisa kamu coba untuk meningkatkan performa laptopmu. Jadi, tidak ada lagi alasan stres atau bad mood akibat laptop yang lemot, ya! Semoga bermanfaat!

Dapatkan informasi terbaru dan tips menarik lainnya dengan mengikuti Lopokopi.com di Facebook dan Twitter.

Komentar