Pemerintah Amerika Diperintahkan Berhenti Menggunakan Antivirus Buatan Kaspersky Lab

0
7
views
Pemerintah Amerika Berhenti Menggunakan Antivirus Kaspersky

Lopokopi.com – Kekhawatiran seputar Kaspersky, yang perangkat lunaknya dijual di seluruh Amerika Serikat, sudah berlangsung lama. FBI, dengan dibantu oleh mata-mata Amerika, telah bertahun-tahun mencoba untuk menentukan apakah eksekutif senior Kaspersky Lab bekerja dengan militer dan intelijen Rusia.

Menurut pejabat Amerika saat ini yang juga mantan pasukan khusus FBI juga telah menyelidiki apakah perangkat lunak Kaspersky, termasuk program antivirusnya yang dianggap baik, berisi pintu belakang yang memungkinkan akses intelijen Rusia ke komputer yang sedang beroperasi. Namun, perusahaan asal Rusia ini membantah tuduhan tersebut.

Pejabat tersebut, yang semuanya berbicara sebagai anonim karena penyelidikannya diklasifikasikan, tidak akan memberikan rincian informasi yang mereka kumpulkan di Kaspersky. Namun pada hari Rabu, Elaine C. Duke, sekretaris urusan Homeland Security, memerintahkan agen federal untuk mengembangkan rencana untuk menghapus perangkat lunak Kaspersky dari sistem pemerintah dalam 90 hari berikutnya.

Bisnis Kaspersky di Amerika Serikat sekarang nampaknya merupakan korban terakhir dalam perang mata-mata tersebut. Best Buy, yang merupakan raksasa elektronik asal Amerika, mengumumkan pekan lalu bahwa pihaknya telah menarik produk cybersecurity Kaspersky Lab dari rak dan situs webnya.

Kaspersky dianggap sebagai salah satu perusahaan riset cybersecurity terdepan di dunia, dan memiliki keahlian dalam merancang perangkat lunak dan perangkat antivirus untuk menemukan spyware yang digunakan oleh badan intelijen Barat. Perusahaan ini didirikan oleh Eugene V. Kaspersky, yang bersekolah di SMA yang melatih mata-mata Rusia Eugene sendiri ia telah menegaskan bahwa baik dia maupun perusahaannya memiliki ikatan aktif ke dinas militer atau intelijen Rusia.

Namun, terlepas dari keunggulannya di dunia cyber security, asal-usulnya di Rusia selama bertahun-tahun memicu kecurigaan tentang kemungkinan hubungannya dengan badan-badan intelijen Rusia. Pejabat federal telah memperingatkan perusahaan swasta untuk menghindari perangkat lunak Kaspersky, dan awal tahun ini perusahaan tersebut telah dihapus dari dua daftar vendor yang disetujui yang digunakan oleh badan pemerintah untuk membeli perangkat teknologi.

Perangkat lunak Kaspersky juga banyak digunakan oleh pemerintah negara bagian dan orang Amerika biasa. Perusahaan tersebut mengatakan bahwa pihaknya memiliki lebih dari 400 juta pengguna di seluruh dunia. Perusahaan ini juga memiliki bisnis yang kuat untuk menganalisis dan menyelidiki ancaman cyber.

Kaspersky mengatakan bahwa mereka kecewa dengan keputusan Homeland Security dan menolak hubungan apapun dengan pemerintah Rusia.