Platfrom Chat LINE Resmi Akuisisi TemanJalan Sebagai Komitmen Terhadap Industri Teknologi Lokal

0
31
views
Platfrom Chat LINE Resmi Akuisisi TemanJalan

Lopokopi.com – Aplikasi Chat LINE melalui unit bisnis mereka di Indonesia, pada hari Kamis lalu resmi mengumumkan bahwa mereka telah mengakuisisi atau mengambil alih platform lokal berbasis berbagi tumpangan untuk mahasiswa asal kota Depok, TemanJalan. Akuisisi telah diselesaikan tepat pada tanggal 17 november 2017.

Ini adalah akuisisi pertama bagi LINE Indonesia di pasar, sedangkan untuk TemanJalan akuisi ini merupakan bentuk pengakuan untuk eksistensi mereka setelah sebelumnya berhasil mendapat pendanaan tahap awal (seed funding) dari Golden Gate Ventures dan seorang angel investor lokal pada Agustus 2016 silam.

TemanJalan adalah layanan berbagi tumpangan yang ditujukan untuk mahasiswa yang didirikan oleh alumni Universitas Indonesia yang berangotakan Fauzan Helmi Sudaryanto, Caraka Nur Azmi dan Rasmunandar Rustam.

Dengan menggunakan TemanJalan sebagai alat transportasi, mahasiswa dapat menghemat ongkos untuk berangkat ke kampus dan bertemu teman baru setiap harinya dengan mencocokkan mereka berdasarkan rute dan jadwal. Hingga saat artikel ini ditayangkan layanan ini sudah beroperasi di lebih dari 50 kampus dan telah menghasilkan lebih dari 100.000 match.

Fauzan Helmi Sudaryanto, pendiri dan CEO dari TemanJalan mengatakan, “kami sangat senang untuk bergabung dengan garis. Akuisisi ini merupakan bentuk kepercayaan dalam produk dan pengembang di Indonesia dan menunjukkan keseriusan LINE dalam mengembangkan dan mendukung masyarakat setempat.

Penggunaan chatbot pada aplikasi chat LINE yang digunakan oleh Temanjalan dalam mengembangkan layanannya ternyata membuka jalan untuk menarik perhatian LINE pada platform sosial ini. LINE yang sadar akan perkembangan aplikasi tersebut pada tahun 2017 memberikan penghargaan LINE BOT Awards kepada TemanJalan untuk kategori lokalisasi.

“LINE terus berkomitmen untuk mengembangkan chatbot platform di Indonesia, dan akuisisi atas TemanJalan merupakan salah satu bentuk pengembangan kapasitas kami disana. Bersama TemanJalan, kami mendapatkan tim engineering baru yang dapat meningkatkan kemampuan kami dalam mengembangkan platform chatbot, serta mendapatkan wawasan yang mendalam tentang pasar di Indonesia.” ujar Dale Kim selaku Managing Director LINE Indonesia.