Manfaat dan Peran Disaster Recovery agar Terhindar dari Cybercrime

1
73
views
Disaster Recovery agar Terhindar dari Cybercrime

Lopokopi.com – Di era teknologi yang sangat maju seperti sekarang ini, cybercrime atau cyberattack sebenarnya bukan masalah yang terlalu serius. Apalagi jika Anda adalah pengguna personal, ditambah lagi Anda menggunakan antivirus ter-update, tentu cybercrime atau cyberattack bukan masalah yang berarti. Tetapi, masalah akan muncul jika Anda mempunyai perusahaan dengan skala besar yang selalu menggunakan koneksi internet dalam menjalankan bisnis.

Sebelum melangkah lebih jauh tentang bagaimana cara menanggulangi cybercrime dan jugacyberattack, kita akan menjelaskan sedikit apa itu cyberattack dan juga cybercrime. Cyberattackataupun cybercrime sebenarnya jenisnya ada bermacam-macam. Ada serangan yang menyusup melalui jaringan komputer, memasukkan data ke dalam jaringan, penyebaran virus, carding, hacking, ataupun hijacking/pembajakan.

Sebenarnya, ada dua macam penanganan cybercrime untuk perusahaan, yakni penanganan tradisional dan juga modern. Untuk penanganan tradisional, biasanya dilakukan seperti backup data manual, koneksi intranet, dan sebagainya. Lalu, untuk penangan modern, biasanya dilakukan menggunakan data center terpusat. Jadi, Anda tidak perlu sulit melakukan backup karena sudah otomatis di dalam sistem.

Nah, sekarang setelah Anda mengerti jenis-jenis dari cybercrime ataupun cyberattack, selanjutnya kita membahas sebenarnya apa manfaat dan peran Azure disaster recovery agar terhindar dari cybercrime.

Mengatasi Serangan dari Dalam

Menurut olenderfieldman.com, 80% masalah cybercrime yang dialami beberapa perusahaan terjadi dari dalam atau internal. Beberapa perusahaan memang fokus ke dalam serangan internet dari luar, tetapi melupakan masalah dari dalam. Nah, disaster recovery ini akan membantu perusahaan agar tidak dibobol dari dalam.

Semua aktivitas para karyawan akan dicatat ke dalam log secara otomatis, jadi semua sistem secara otomatis akan mengetahui jika terjadi aktivitas yang mencurigakan. Selain itu, disaster recovery juga memberikan edukasi kepada karyawan tentang pentingnya menjaga data-data perusahaan.

Memberikan Edukasi kepada Setiap Karyawan

Seperti dijelaskan di poin pertama, edukasi kepada karyawan ini sangat penting dalam menjaga data-data penting perusahaan. Mungkin karyawan di departemen IT sudah mengerti bagaimana cara menyimpan data penting perusahaan, tetapi karyawan lain yang awam mengenai komputer dapat menjadi risiko yang paling berbahaya. Jadi, seluruh organisasi perusahaan harus mengetahui dengan jelas tentang bagaimana password ataupun data perusahaan harus tersimpan secara aman.

Beberapa penyedia jasa layanan disaster recovery akan mengadakan semacam pelatihan secara rutin kepada perusahaan yang sudah bekerja sama. Tidak hanya itu, jika ada updateterbaru mengenai update sistem, serangan virus terbaru, sampai ancaman cyberattack terbaru, seluruh karyawan harus mengetahui agar tidak ceroboh.

UPDATE

Teknologi akan sangat erat hubungannya dengan update. Mungkin sekarang teknologi yang Anda gunakan adalah yang paling mutakhir, tetapi itu bisa saja berbalik 180 derajat 1 tahun lagi jika Anda tidak melakukan update secara sistem. Nah, inilah hal yang sangat penting dalam masalah penanggulangan cyberattack ataupun cybercrime.

Penyedia layanan disaster recovery tentunya akan mempunyai sistem-sistem terbaru agar tidak terkena gangguan cyberattack. Jangan salah, update mingguan atau bahkan bulanan ini sangat penting agar sistem yang Anda punyai selalu aman.

Cyberattack ataupun cybercrime memang tidak terlalu berbahaya jika skala bisnis Anda masih kecil atau bahkan personal. Tetapi jika bisnis Anda sudah dalam skala besar, Anda harus memperhitungkan untuk berinvestasi ke dalam disaster recovery. Pastikan provider disaster recovery yang Anda gunakan memiliki track record yang jelas agar investasi yang Anda lakukan tidak sia-sia.