7 Cara Agar Terhindar Dari Kejahatan Cyber

0
119
views
7 Cara Agar Terhindar Dari Kejahatan Cyber

Lopokopi.com – Inovasi merupakan satu hal yang tidak akan pernah hilang dari industri teknologi, begitu pula dengan para pelaku cyber, kelompok ini akan terus mencari celah dari setiap inovasi baru yang diciptkaan oleh tangan-tangan produktif. Berkembangnya jumlah pengguna internet setiap tahunya merupakan faktor utama yang membuat pelaku cyber semakin gencar untuk mengelabui target dari jagat maya.

Seperti kita ketahui, cybercrime bukan sebuah barang baru bagi pengguna internet disluruh dunia, namun sayangnya tingkat kesadaran pengguna akan kemanan masih sangat minim. Dengan kata lain, selama belum pernah menjadi korban dari cybercrime, kesadaran akan bahaya yang ditimbulkan oleh para pelaku cyber akan terus jadi dongeng semata.

Kerugian yang ditimbulkan dari kejahatan cyber bukan suatu hal yang bisa disepelekan, bayangkan jika dalam waktu bersamaan semua data yang Anda miliki tiba-tiba beralih ke tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab. Resiko yang akan Anda hadapi akan bermacam-macam seperti pencemaran nama baik, kehilangan data pribadi dan kerugian sercara finansial. Dan yang lebih parah lagi keselamatan Anda juga bisa terancam.

Tidak ada kata terlambat untuk sesuatu yang baik, sebelum hal-hal yang tidak diinginkan terjadi, sebelum Anda menjadi korban dari kejahatan cyber, ada baiknya mulai untuk memupuk kesadaran akan pentingnya keamanan di jagat maya. Berikut beberapa cara agar terhindar dari kejatahan cyber.

Gunakan Password Yang Sulit Ditebak

Password yang baik adalah password yang mudah Anda ingat tapi sulit untuk ditebak orang lain. Anda bisa menggunakan momen-momen yang hanya Anda alami sendiri dengan mengkonversinya menjadi kode. Sebagai contoh Anda pernah jatuh di suatu tempat misalnya “Mall A”. Anda bisa gunakan salah satu hurup untuk menjadi bagian dari password Anda, begitu seterusnya sehingga menemukan kombinasi yang menarik.

Pastikan Password Anda Mengandung Karakter & Angka

Setelah Anda menemukan kombinasi yang tepat dari semua momen yang absurd dan aneh dalam kehidupan sehari-hari. Anda bisa mengubah salah satu atau huruf dari kombinasi yang Anda buat sebelumnya dengan angka atau karakter. Sebagai contoh, jika dari kombinasi yang Anda buat mengandung huruf “A”, Anda bisa mengganti huruf tersebut dengan karakter ‘@” atau diganti dengan angka “4”, dan lain sebagainya.

Pastikan Password Anda Lebih dari 8 Digit

Nah, ini hal terakhir untuk masalah password, setelah menemukan kombinasi yang menurut Anda unik, dan sudah mengganti beberapa huruf atau angka dengan satu sampai dua karakter, tugas Anda selanjutnya adalah memastikan password yang sudah Anda buat tidak kurang dari delapan digit. Anda juga bisa membuat lebih dari delapan digit jika memang diperlukan dan sudah tentu akan lebih baik.

Hindari Untuk Klik Link/Tombol yang tidak Dikenal

Saat sedang berselancar di jagat maya, pasti kita sering menemukan link atau tombol yang dipalsukan. Biasanya sering ditemukan di situs-situs penyedia layanan unduhan. Tombol “download” biasanya akan lebih dari satu, sehingga resiko untuk klik tombol yang salah sangat memungkinkan. Selain itu link-link palsu juga banyak ditemukan di social media seperti Facebook dan Twitter.

Hindari Untuk Download Attachment dari Email yang tidak Dikenal

Serangan cyber bisanya tidak hanya dilakukan melalui website dan social media. Pelaku cyber juga gencar mengelabui korban melalui email dengan mengrimkan informasi yang menyerupai layanan perbankan dan beberapa layanan yang biasanya Anda gunakan. Sebelum mengunduh attachment yang ada di email tersebut, pastikan pengirimnya dari domain yang hanya dimiliki oleh penyedia layanan tersebut.

Sebagai contoh, jika layanan yang Anda gunakan memakai domain “abc.com” untuk wesbite, pastika pengirim email tersbut dibelakangnya adalah domain yang sama seperti “info@abc.com, marketing@abc.com dan sebagainya. Jika domainnya beda atau menyerupai emailnya Anda abaikan saja, atau bisa Anda hapus dan laporkan sebagai spam.

Backup Data Secara Berkala

Hal ini juga penting untuk Anda perhatikan. Pastikan semua data Anda sudah memiliki backup baik di external device atau layanan penyedia backup lainnya. Sebaiknya data Anda direplikasi dibeberapa device dan layanan backup lain minimal 3 replikasi.

Gunakan Antivirus untuk Semua Device

Ada kalanya meskipun semua cara diatas sudah kita ikuti dan lakukan, belum ada jaminan bahwa kita akan terhindar 100% dari cybercrime. Oleh karena itu kita butuh antivirus sebagai proteksi tambahan untuk mengamankan semua perangkat yang kita gunakan saat membuka social media, email, melakukan transaksi perbankan dan lain sebagainya. Dengan adanya antivirus kita bisa mencegah dan terhindar dari serangan-serangan cyber yang levelnya sudah diatas rata-rata.

Nah, itulah sedikit informasi tentang cara agar terhindar dari kejahtan cyber yang bisa kami bagikan untuk Anda. Semoga membantu dan membuka pikiran Anda akan pentingnya proteksi diri saat beraktifitas di jagat maya. Jika artikel ini bermanfaat, silahkan share informasi ini ke teman, keluarga dan orang yang menurut Anda membutuhkan.