Tutorial dan Cara Menggunakan MailChimp Lengkap Untuk Pemula

1
118
views
Cara Menggunakan MailChimp Untuk Pemula

Lopokopi.com – MailChimp adalah marketing automation platform dan email marketing services atau yang sering disebut dengan email marketing yang memungkinkan kamu untuk mengirimkan email ke beberapa penerima dalam waktu yang bersamaan.

MailChmip pertama kali didirikan oleh sebuah perusahaan asal Amerika Serikt pada tahun 2001. Sejak berdiri hingga sekarang, MailChmip menjelma menjadi salah satu marketing automation platform yang paling banyak digunakan di dunia.

Salah satu layanan email marketing yang banyak digunakan untuk mempromosikan produk maupun jasa melalui email saat ini adalah “MailChimp. Selain karena gratis, MailChimp juga menyediakan fitur pendukung yang lumayan lengkap untuk membuat sebuah kampanye email marketing mendapatkan hasil yang memuaskan.

Berikut cara menggunakan MailChimp yang bisa kamu jadikan sebagai referensi untuk membuat kampanye email marketing yang sukses.

1. Login Ke Account MailChimp

Dalam kasus ini diasumsikan kamu sudah mempunyai account MailChimp yang aktif. Kunjungi website resmi MailChimp lalu pilih menu “Login” pada sisi sebelah kanan, atau kamu bisa login ke account MailChimp kamu disini, lalu ketikkan credntial yang kamu buat pada proses registrasi sebelumnya.

2. Buat List Penerima Email

Sebelum memulai sebuah kampanye email marketing, pastikan kamu sudah memiliki list email atau database yang sehat. Untuk account Free Subscription sendiri, kamu hanya bisa memasukkan maksimal 2000 email dalam setiap kampanye.

Setelah berhasil login, silahkan klik menu “List” pada dashboard MailChimp kamu, untuk lebih jelas, perhatikan gambar berikut.

Buat List Penerima Email MailChimp
Sumber : Dok. Pribadi

 

Selanjutnya klik button “Create List” seperti gambar berikut

Create List Penerima Email MailChimp
Sumber : Dok. Pribadi

 

Kamu akan di arahkan kehalam lain seperti gambar berikut.

List Detail MailChimp
Sumber : Dok. Pribadi

 

Silahkan isi kolom yang tersedia dengan ketentuan berikut

1. List name : Pemberian nama list bisa disesuikan dengan tema campaign, agar lebih mudah membedakan jika list yang kamu buat lebih dari satu.

2. Default Email Adress : Isi dengan email pengirim yang kamu gunakan, email ini juga berfungsi menerima balasan dari email yang kamu kirimkan.

3. Default From Name : Kamu bisa menggunakan nama sendiri atau nama yang sesuai dengan selera kamu, tapi konsisten digunakan untuk kampanye berikutnya, agar penerima familiar dengan kampanye kamu. Contoh penamaan yang baik -> John Form Google.

4. Short Reminder bisa kamu isi dengan kalimat yang sesuai dengan alasan kenapa penerima harus menerima email yang kamu kirimkan. Contohnya : Kamu menerima email ini karena kamu pernah subscibe di website kami.

Setelah semua kolom sudah di isi lalu klik “Save”.

Selanjutnya klik “Add contact” -> “Import contact” seperti gambar berikut

Import Contact
Sumber : Dok. Pribadi

 

Kemudian pilih metode yang paling mudah menurut kamu, ada 3 metode import yang disediakan diantaranya; Import dari file Excel, Import dari 3rd party contact dan Copy Paste from File. Tapi untuk lebih mudah, disarankan menggunakan metode Copy Paste from File. Pada tutorial ini menggunakan metode Copy Paste from File, untuk lebih jelas perhatikan gambar berikut.

Copy Paster From File MailChimp
Sumber : Dok. Pribadi

 

Pada metode Copy Paste from File ini kamu hanya perlu copy dan paste email penerima di kolom yang tersedia, sedangkan first name dan last name bisa kamu abaikan saja, kemudian klik Centang “I understand That my billing” lalu klik “Next” seperti gambar berikut.

Copy Paste From File Next MailChimp
Sumber : Dok. Pribadi

 

Kamu akan diarahkan ke halaman seperti gambar berikut, lalu klik “Import”.

Import List Next
Sumber : Dok. Pribadi

 

3. Buat Template Email

Setelah berhasil membuat list penerima email, selanjutnya kamu harus buat template yang menarik untuk kampanye email marketing kamu dengan cara pilih tab “Templates” pada dashboard MailChimp yang kamu gunakan seperti gambar berikut.

Create Template MailChimp
Sumber : Dok. Pribadi

 

Kemudian klik button “Create Template” pada sisi sebelah kanan dashboard MailChimp kamu. Untuk lebih jelas, perhatikan gambar berikut.

Create Template MailChimp Next
Sumber : Dok. Pribadi

 

Selanjutnya pilih layout yang disedikan pada dashboard MailChmip kamu, silahkan sesuaikan dengan teme kampanye dan selera masing-masing. Kamu akan diarahkan ke halaman layout editor seperti gambar berikut.

Layout Editor MailChimp
Sumber : Dok. Pribadi

Pada layout editor ini kamu bisa memasukkan konten yang akan dikirimkan, silahkan explore fitur yang tersedia pada sisi sebelah kanan. Kamu hanya perlu drag & drop ke kolom kerja yang sudah di sediakan pada sisi sebelah kiri. Jika sudah selesai, klik Save & Exit.

4. Buat Campaign Email

Seteleh selesai membuat list penerima, buat template dan konten yang akan di blast, selanjutnya kamu harus membuat kampanye email dengan cara pilih tab “Campaign” pada dashboard MailChimp kamu seperti gambar berikut.

Create Campaign MailChimp
Sumber : Dok. Pribadi

 

Selanjutnya klik button ” Create Campaign” pada sisi kanan dashboard MailChimp yang kamu gunakan.

Create Campaign MailChimp Next
Sumber : Dok. Pribadi

 

Lalu pilih fitur “Create an Email” seperti gambar berikut

Create an Email MailChimp
Sumber : Dok. Pribadi

 

Pilih tab “Reguler” dan silahkan beri nama campaign yang sesuai, lalu klik “Begin”

Create Campaign Email
Sumber : Dok. Pribadi

 

Kemudian pilih list email yang sudah di create sebelumnya, kemdian klik “Next” untuk lebih jelas perhatikan gambar berikut.

List Email MailChimp
Sumber : Dok. Pribadi

Lalu kamu akan diarahkan ke halaman seperti gambar berikut

Create Campaign Next
Sumber : Dok. Pribadi

Silahkan isi kolom yang tersedia dengan ketentuan berikut

Campaign name : Silahkan Isi dengan nama yang sesuai dengan kampanye kamu

Email Subject : Silahkan isi dengan kalimat yang menarik agar, sebab salah Email Subject ini merupakan satu faktor penting untuk suksenya sebuah kampanye email marketing.

Preview Text bisa di isi dengan summary email atau kalimat yang di highlight pada kampanye email tersebut.

From Name : Silahkan isi dengan nama sendiri atau nama yang sesuai dengan selera kamu, tapi konsisten digunakan untuk kampanye berikutnya, agar penerima familiar dengan kampanye kamu. Contoh penamaan yang baik -> John Form Google.

From Email : Biasanya sudah terisi otomatis dari data yang diisi pada langkah kedua.

Selanjutnya klik “Next”

Kamu akan diarahkan ke halaman list template, kemudian pilih template yang sudah kamu buat sebelumnya pada tab “Saved Template”. Kemudain klik “Next”. Untuk lebih jelas perhatikan gambar berikut.

Pilih Tempate Mailchimp
Sumber : Dok. Pribadi

 

Kamu akan diarahkan kembali ke layout editor, silahkan abaikan saja, lalu klik “Next”. Kemudian klik “Send” untuk mengirimkan kampanye email kamu. Selamat kamu sudah berhasil membuat kampanye email pertama kamu.

Itulah sedikit informasi yang bisa kami bagikan tentang cara menggunakan MailChmip. Semoga informasi ini membantu kamu untuk membuat kampanye email marketing pertama kamu, selamat mencoba ya.